Selasa, 11 Juni 2013

Laporan PPL II


1. Pendahuluan

A.    Latar Belakang

Pendidikan merupakan faktor penting dalam menunjang kelangsungan mutu pendidikan manusia dalam mengembangkan bakat, minat dan keterampilannya sesuai dengan proses kemampuan yang dimiliki. Pendidikan selalu berkaitan dengan proses belajar yang diarahkan untuk mempersiapkan tenaga terlatih dan terdidik yang bermanfaat bagi kepentingan bangsa dan Negara.
Sebagai lembaga pendidikan tinggi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang tunduk dibawah aktivitas akademiknya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan para dewan guru dan siswa dalam  pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan.
Sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh STKIP PGRI Sidoarjo adalah menciptakan tenaga-tenaga pendidik yang profesional dibidangnya dengan menetapkan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan.
Salah satu lembaga pendidikan yang menampung mahasiswa praktikan Jurusan Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sidoarjo yaitu SMA Islam Sidoarjo. Pelaksanaan PPL di SMA Islam Sidoarjo ini berlangsung mulai dari penyerahan tanggal 15 September 2012 sampai dengan penarikan kembali Desember 2012

B.     Tujuan

1.      Tujuan Umum

1.      Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasi teori sebagai pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
2.      Meningkatkan kompetensi profesional guru dalam hal pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
3.      Menumbuhkan rasa percaya diri atas suatu kegiatan profesional sebagai tolak ukur kemampuan profesional guru.
4.      Memberikan pengalaman lapangan nyata sebagai usaha meningkatkan keterampilan mengelola kegiatan belajar mengajar dan menetapkan sikap profesional guru.

2.      Tujuan Khusus

1.      Aspek Pangetahuan
Diharapkan mahasiswa calon guru dapat memiliki pengetahuan teoritis dan praktis yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan kemudian hari sesuai dengan perkembangan pendidikan.
2.      Aspek Keterampilan
Diharapkan kepada mahasiswa memiliki keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis didalam praktek lapangan baik secara terbimbing maupun mandiri.
3.      Aspek Sikap
Diharapkan kepada mahasiswa dapat memiliki komitmen terhadap tugas-tugas profesional, diantaranya melayani siswa, meningkatkan keahlian, menyesuaikan diri dengan tuntutan profesional yang semakin berkembang dan memberikan pelayanan dengan baik.

2. Kegiatan-kegiatan Yang Dilaksanakan Selama PPL

           
Agar pelaksanaan PPL terlaksana sesuai dengan tujuan, maka usaha        pelaksanaan harus berencana dan tersusun dengan baik agar dapat tercapai target yang di inginkan

A.    Observasi Lapangan
Pelaksanaan kegiatan observasi dan orientasi lapangan merupakan langkah awal dalam kegiatan PPL yang perlu dilakukan mahasiswa saat berada di sekolah latihan. kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa praktikan dapat berbaur dan beradaptasi dengan kondisi maupun situasi lingkungan sekolah latihan pelaksanaan PPL, sehingga akan membuat mahasiswa PPL dapat mengatur strategi yang lebih baik dalam proses belajar mengajar sebagaimana mestinya.
Kegiatan observasi yang dilakukan di sekolah latihan adalah sebagai berikut:
1.      Kegiatan fisik, lingkungan dan hubungan fungsional sekolah dengan masyarakat sekitarnya.
2.      Tata tertib sekolah.
3.      Karakteristik siswa, guru, kepala sekolah, pihak administrasi sekolah dan siswa.
4.      Pola hubungan fungsi dan struktur organisasi antara kepala sekolah, guru, tenaga administrasi dan siswa.
5.      Kurikulum yang berlaku di sekolah.
6.      Media, sumber belajar dan laboratorium sekolah.
7.    Admistrasi sekolah baik bersifat akademik maupun non akademik.
Untuk lebih jelasnya mengenai kegiatan observasi dapat dilihat secara rinci pada penjelasan berikut ini;
PROFIL SEKOLAH
Nama sekolah              : SMA Islam Sidoarjo
Alamat                         : Jl. Pahlawan III Sidoarjo
No. Statistik Sekolah  : 304050201017
A. Keadaan Fisik Sekolah
1. Luas Tanah                                   : 2.034 m2
 2. Jumlah Ruang Kelas                      : 5 Ruang
 3. Ukuran Ruang Kelas                     : 7x9 m2
 4. Lapangan Olah Raga Luasnya                  
a.       Lapangan Volly                                  : -
b.      Lanpangan Bola kaki                          : -        

 B. Keaadan lingkungan yang mengelilng sekolah
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah SMA Islam Sidoarjo diantaranya adalah di bagian;
- Timur            : Rumah warga
- Barat            : Lahan Pertanian
- Utara            : Lahan Kosong
- Selatan         : SMP Islam Sidoarjo
2.      Kondisi lingkungan sekolah sangat baik, tertib dan nyaman.

 C. Fasilitas Sekolah (Jenis, Kualitas dan Kuantitas )
1.      Perpustakaan                                : 1
2.      Laboratorium                                : 1
3.      Ruang BP                                     : 1
4.      Ruang Tata Usaha                         : 1
5.      Musalla                                         : -
6.      Ruangan Kepsek                           : 1
7.      Ruangan Wakepsek                       : -
8.      Ruangan Guru                                : 1 buah, baik
9.      Kamar mandi                                 : 2, buah, baik             
10.  Kantin                                            : 5 buah, baik
11.  Ruangan pembina Osis                    : -
12.  Ruangan Osis                                  : -
13.  Ruangan PPL                                  : -
 D. Penggunaan Sekolah                             
1.      Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini 1 sekolah
2.      Jumlah” Shift” tiap hari 1 shift
  E. Guru dan Siswa
1.      Jumlah Guru                                  : 25 Orang
2.      Jumlah Siswa                                : 145 Orang
3.      Jumlah Siswa perkelas                  : 29 Orang
4.      Jumlah Siswa seluruhnya              : 145 Orang

 F. Interaksi Sosial
Hubungan guru dengan guru, guru dengan siswa, guru dengan pegawai tata usaha, siswa dengan siswa dan juga hubungan sosial secara keseluruhan sangat baik tanpa adanya perbedaan dan perselisihan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya.

 G. TataTertib
Tata tertib yang ditetapkan di SMA Islam Sidoarjo sangat disiplin yang di berlakukan untuk semua komponen sekolah baik guru, siswa dan pegawai tanpa adanya perbedaan dalam pelaksanaannya.

B.     Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Mengajar Keguruan Lainnya Secara Terbimbing.
            Kegiatan pokok dalam pelaksanaan PPL adalah kegiatan mengajar yang di laksanakan secara langsung setiap jam pertemuan/tatap muka di dalam kelas dengan menggunakan dan mempraktekkan jenis metode atau teknik dalam mengajar yang telah diperoleh selama perkuliahan.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama dalam PPL sebagai berikut:
1.      Menyusun program perangkat pembelajaran berupa Silabus dan Rencana Pelaksanaan  Pembelajaran.
2.      Konsultasi dengan pamong dalam memperbaiki kegiatan mengajar maupun menyusun perangkat pembelajaran apabila ada kesulitan dalam pelaksanaan PPL.
3.      Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa/evaluasi.
4.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan jadwal sebagai berikut:

HARI
KELAS
JAM
Senin
XI IPS
I-II (07:00-09:00)
Selasa
Guru Piket
I-II (07:00-09:00)
Rabu
-
-
Kamis
-
-
Jumat
-
-
Sabtu
Guru Piket
I-VI     (07.00-11.30)

C.    Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri.
            Pada pertemuan pertama dalam kegiatan mengajar pelaksanaan PPL di berikan bimbingan kepada mahasiswa sebagai calon guru tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dan setelah itu diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa praktikan mengajar dalam pemantauan pamong.
Selain kegiatan mengajar, juga melaksanakan kegiatan di luar jam mengajar yang dituntut agar berpartisipasi aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah latihan selama PPL berlangsung. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, Observasi sekolah secara fisik maupun non fisik, Melaksanakan piket harian sekolah, dan mengisi format-format kegiatan harian baik kegiatan bersifat individual maupun kelompok yang telah diberikan  oleh UP-PPL STKIP PGRI Sidoarjo.

D.    Ujian Praktek Mengajar dan Penyusunan Laporan Akhir
            Ujian praktek mengajar dilaksanakan pada minggu terakhir PPL di sekolah latihan. Dengan pelaksanaan ujian ini diharapkan mahasiswa praktikan dapat mengetahui segala kekurangan, baik dari tanggapannya terhadap lingkungan maupun dalam proses belajar mengajar selama pelaksanaan kegiatan berlangsung, sehingga dapat diperbaiki untuk selanjutnya.
Untuk memberi keterangan tentang hal-hal yang dilakukan dalam pelaksanaan PPL di sekolah latihan, maka perlu dibuat suatu laporan yang akan menguraikan secara teratur mengenai praktikan di sekolah latihan.
        

3. Refleksi Tentang Pengalaman Dalam Melaksanakan PPL

A.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Observasi Lapangan.
            Pelaksanaan observasi lapangan bertujuan agar mahasiswa praktikan dapat mengetahui kondisi dan situasi lingkungan sekolah, tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan PPL. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Islam Sidoarjo memiliki situasi dan kondisi yang sangat baik sebagai tempat pelaksanaan pendidikan yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap yang dapat digunakan untuk proses belajar mengajar.
Adapun observasi personil bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah staf-staf, dewan guru, di sekolah yang bersangkutan sehingga mahasiswa praktikan dapat berkonsultasi dengan pihak-pihak sekolah untuk membahas segala kesulitan yang diperoleh dalam pelaksanaan PPL di SMA Islam Sidoarjo.
OSIS ( Organisasi siswa intra sekolah ) merupakan salah satu organisasi kesiswaan yang sangat berperan aktif dalam kegiatan sekolah. Dari keaktifan tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengetahui cara-cara guru mengatur struktur organisasi sehingga dapat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa mengganggu saat proses belajar mengajar.



B.     Releksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas –Tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing.
Persiapan mahasiswa praktikan sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan maka mahasiswa praktikan harus membuat program perangkat pembelajaran untuk mempermudah mahasiswa praktikan dalam menyajikan materi pelajaran sehingga tujuan kurikulum dapat tercapai dengan baik.
Setelah kegiatan belajar mengajar berlansung maka mahasiswa praktikan dapat memberi penilaian kepada siswa dari hasil pelajaran yang telah disajikan. Dengan demikian, Mahasiswa praktikan dapat mengetahui bagaimana cara penilaian hasil belajar yang baik, sesuai dengan kemampuan siswa sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penilaian.
Konsultasi dengan guru pamong dan dosen pembimbing merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi mahasiswa praktikan agar mahasiswa dapat mengetahui kesalahan dan kekuranannya dalam proses belajar mengajar di sekolah.
C.    Refleksi Tentang Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar dan Tugas- Tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri.
Mahasiswa praktikan dalam pelaksanaan PPL, ditugaskan untuk membuat catatan harian yang bertujuan agar mahasiswa praktikan dapat disiplin waktu. Dengan demikian, mahasiswa praktikan dapat menilai dirinya sendiri sejauh mana telah menjalankan tugasnya selama praktikan sebagai seorang calon guru.
D.    Refleks Tentang Pelaksanaan Ujian Praktek dan Penyusunan Laporan Akhir.
Pelaksanaan ujian praktek mengajar dilaksanakan pada minggu terakhir pelaksanaan PPLdi sekolah latihan. Sebelum penilaian dilakukan maka mahasiswa harus membuat persiapan mengajar sebaik mungkin yang siap digunakan pada saat ujian dilaksanakan. Kegiatan ini merupakan kegiatan formal yang harus dilakukan untuk menilai mahasiswa dalam melaksanakan PPL.
Selain ujian praktek mengajar, penilaian mahasiswa PPL juga dilaksanakan dengan penilaian penyusunan laporan akhir setiap mahasiswa. Laporan ini merupakan prasyarat yang telah dibebankan oleh UP-PPL kepada mahasisawa pada akhir pelaksanaan program pelaksanaan lapangan (PPL).  


Penutup

A.    Kesimpulan
Jurusan Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sidoarjo dalam menciptakan tenaga-tenaga pendidiknya yang profesional di bidangnya telah menetapkan mata kuliah Program Pengalaman Lapangan yang merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang di wajibkan bagi setiap mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo dalam bentuk pelatihan dan praktek pendidikan, sehingga mahasiswa dapat memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional guru.
Kegiatan pokok dalam pelaksanaan PPL adalah kegiatan mengajar yang dilaksanakan secara lansung pada setiap jam tatap muka di kelas. Keberhasilan guru dalam mengajar sangat tergantung dalam penguasaan kelas, materi sesuai dengan metode mengajar yang tepat serta evaluasi belajar.

B.     Saran-saran
1.      Untuk sekolah SMA Islam Sidoarjo yang pada umumnya tenaga pengajar memiliki kemampuan/skill yang tinggi dibidangnya khususnya bidang pendidikan pengajaran agar lebih meningkatkan lagi strategi pembelajaran berbasis PAKEM sehingga dapat memotivasikan peserta didik dalam proses belajar mengajar yang bermutu bagi anak bangsa.
2.      Untuk UUP-PPL STKIP, Sebaiknya dalam mikro teaching juga dilakukan pembekalan untuk menghadapi berbagai masalah yang akan timbul di lapangan bagi mahasiswa yang akan melakukan praktikum, sehingga PPL dapat terlaksana dengan baik.
3.      Untuk Mahasiswa : Bagi mahasiswa yang akan memprogramkan mata kuliah PPL, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan praktikum di sekolah-sekolah latihan, terutama penguasaan materi, penyusunan perangkat pembelajaran dan dapat menjaga nama baik almamater, sehingga dapat terciptanya tenaga-tanaga pendidik yang bermutu dan profesional. Disamping itu, disiplin waktu juga menjadi penunjang atau pendorong keberhasilan mahasiswa praktikan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar